Depan » Artikel » Artikel Terakhir

Artikel Terakhir

EmailKirim Teman

TN Gunung Leuser ” The Hidden Paradise in North Sumatera”

Berpetualang dan menyusuri hutan bersama pasukan gajah selama tiga atau empat hari di dalam hutan?. Nuansa petualangan patroli partisipatif ini tersedia di kawasan ekowisata Tangkahan, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Tangkahan, yang dikenal sebagai “The Hidden Paradise in North Sumatera” berada di dalam Taman Nasional Gunung Leuser. Selain trekking hutan, gajah-gajah bekas peliharaan (ex-captive) beserta sekelompok mahout (pelatih gajah) secara teratur berpatroli di dalam kawasan taman nasional. Menariknya, para pengunjung dapat menikmati petualangan berpatroli bersama para mahout dan gajahnya, menyusuri Tangkahan sampai ke Bukit Lawang. Memandikan gajah, arung jeram, menyelusuri goa alam, berkemah, adalah aktivitas lain yang dapat dilakukan pengunjung. Di lokasi ini juga dapat dijumpai habitat Raflesia atjehensis.

Jika ingin melihat Orangutan, wisatawan bisa berkunjung ke Bukit Lawang. Pusat Pengamatan Orangutan Sumatera ini berada di Desa Perkebunan Bukit Lawang, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Disini, pengunjung dapat melihat dari dekat tingkah polah Orangutan semi liar hasil rehabilitasi. Keindahan panorama alam, hutan, sungai, dan satwa liar, pun sulit dilewatkan. Hal unik lain adalah ditemukannya jenis baru bunga Rafflesia lawangensis.

Dua destinasi wisata alam tersebut, hanyalah sebagian kecil kekayaan yang dimiliki taman nasional Gunung Leuser.  Keanekaragaman hayatinya yang tinggi, membuat taman nasional yang terletak di jantung Kawasan Ekosistem Leuser ini mendapat julukan sebagai “Suaka Tropis Terbesar dan Terkaya di Dunia”.

Taman nasional ini merupakan habitat dari seratus tujuh puluh empat species mamalia, diantaranya adalah Harimau sumatera, Gajah sumatera, Orangutan sumatera dan Badak sumatera. Jejak keberadaan satwa mamalia tersebut, dapat dijumpai di jalur pendakian menuju puncak Leuser yang berada di ketinggian 3.119 meter dpl. Diprediksi bahwa tiga puluh enam dari lima puluh jenis burung endemik di Sundaland, dapat ditemukan di kawasan Gunung Leuser. Dari seratus dua puluh sembilan spesies mamalia besar dan kecil di seluruh Sumatera, 65% di antaranya berada di kawasan taman nasional ini. Tumbuhan langka dan khas yang masih dapat dijumpai seperti , daun payung raksasa (Johannesteijsmannia altifrons), bunga raflesia (R. atjehensis dan R. micropylora) dan Rhizantes zippelnii yang merupakan bunga terbesar dengan diameter 1,5 meter.

 

Musim kunjungan terbaik : Juni – Oktober

Alamat  Pengelola

Jalan Selamat No.137 Kelurahan Sitirejo III Kecamatan Medan Amplas

MEDAN Sumatera Utara 20219

Telp. 061 7872919

Fax. 061 7864510

Website : gunungleuser.dephut.go.id

Email : jejakleuser@yahoo.co.id

[teks@foto | ©PJLKKHL | 072014|triwin&balai tn gnleuser]