Depan » Artikel » Artikel Terakhir

Artikel Terakhir

EmailKirim Teman

Geliat Wisata Alam Gunung Tunak, Lombok Tengah

Terik mentari terasa menyengat di kulit. Debu beterbangan saat kami melintasi jalan menuju bibir pantai. Perjalanan yang tak seberapa jauh ini cukup menantang lantaran pasir memenuhi badan jalan sehingga terkadang kami hampir terjatuh dari kendaraan roda dua yang kami tumpangi. Tak jarang, kami berpapasan dengan ternak sapi yang sibuk mencari dedaunan muda. Rerumputan masih menjadi sajian langka bagi mereka. Rupanya, kemarau masih melanda. Musim hujan yang biasanya jatuh pada bulan September hingga April, hingga di penghujung November 2014 belum juga menyambangi.

Di sepanjang perjalanan, hanyalah batang, dahan dan rerantingan kering yang tersaji. Hampir seluruh dedaunan luruh, kecuali dedaunan pohon Kesambi. Namun jangan salah. Lelah itu akan terbayarkan begitu kita sampai di pantai yang berada di dalam kawasan Taman Wisata Alam Gunung Tunak. Mata akan dimanjakan oleh keindahan pantai berpasir putih nan lembut dengan latar belakang tebing bebatuan berwarna hitam dan biru jernihnya air laut, diselingi deburan ombak yang mengalun landai. Sungguh perpaduan yang mempesona.

Taman wisata alam ini berada di Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Dari kota Mataram, jarak yang ditempuh sekitar 85 Km dengan kendaraan roda empat, dengan aksesibilitas yang mudah. Sejak 1996, kawasan ini ditetapkan sebagai kawasan konservasi dengan status Taman Wisata Alam, dibawah pengelolaan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Nusa Tenggara Barat.

Selain pantainya yang indah, taman wisata alam ini merupakan rumah bagi beragam jenis burung diantaranya Gosong kaki merah (Megapodius reinwardtii). Rumah burung berbadan sebesar ayam ini, dapat dijumpai diantara semak belukar berupa gundukan tanah yang menggunung.

Taman wisata alam ini tak jauh dari pantai Kuta, yang sudah terlebih dahulu berkembang menjadi destinasi wisata alam. Saat ini Balai KSDA Nusa Tenggara Barat terus berbenah diantaranya dengan membangun sarana dan prasarana untuk pengunjung seperti pintu gerbang masuk, shelter, toilet, dan lain sebagainya. Harapannya, Taman Wisata Alam Gunung Tunak dapat menjadi destinasi wisata alam unggulan di kota seribu masjid ini.

 

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi pengelola sebagai berikut :

Balai KSDA Nusa Tenggara Barat

Alamat      :     Jl. Majapahit 54 B Mataram

Telpon       :     (+62370) 627851

Fax            :     (+62370) 633953

 

Email        :     bksda_ntb@dephut.go.id

[teks&foto | ©PJLKKHL | 25102014 | triwin]