Depan » Artikel » Artikel Terakhir

Artikel Terakhir

EmailKirim Teman

Satonda, Terpencil Namun Mendunia

Bagi yang pernah menggapai puncak Kawah Tambora, mungkin sudah tidak asing lagi dengan pulau yang tak terlalu jauh dari gunung purba tersebut, yaitu Pulau Satonda. Biasanya, usai menapak ke tangga langit Tambora, jernihnya perairan di sekitar Satonda menjadi pilihan untuk melepas penat. Pulau ini merupakan kawasan konservasi dengan statusTaman Wisata Alam, yang dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Nusa Tenggara Barat.

Luas taman wisata ini sekitar 2.600 Ha. Di pulau ini terdapat danau purba yaitu Danau Satonda yang memiliki luas sekitar 12 Ha. Satonda banyak disinggahi kapal-kapal yang menuju ke arah timur yaitu Pulau Komodo atau ke arah barat yaitu ke Lombok. Kapal-kapal tersebut biasanya membawa turis mancanegara. Biasanya, mereka singgah selama dua sampai tiga jam dan menghabiskan waktunya dengan bersnorkling, menyelam dan menikmati keindahan Danau Satonda. Di tepi danau, terdapat sebuah pohon, Kalibuda, dengan banyak batu yang digantungkan dengan tali di dahan dan ranting-rantingnya. Para pengunjung meyakini, apabila menggantungkan batu di pohon tersebut disertai dengan mengucapkan permohonan, maka akan dikabulkan. Danau Satonda memiliki tingkat keasinan dua kali lipat dari air laut. Di danau ini, ikan-ikan hanya dapat tumbuh berkembang sebesar jari kelingking orang dewasa.

Dari pantai Satonda, saat sore hari kita dapat menikmati matahari terbenam dengan pemandangan Pulau Moyo dan Gunung Rinjani di kejauhan. Sementara saat matahari terbit, jika cuaca cerah, maka mata kita akan disuguhi pemandangan Gunung Tambora.

Aksesibilitas

Jakarta – Denpasar – Bima dengan pesawat terbang. Dilanjutkan perjalanan darat ke Nangamiro melalui Dompu. Dari Nangamiro ke Pulau Satonda ditempuh dengan speedboat/perahu nelayan.

Jakarta – Mataram dengan pesawat terbang. Mataram – Kayangan (kendaraan darat). Kayangan (pelabuhan Pulau Lombok) – Pototano (pelabuhan Pulau Sumbawa) (ferry). Pototano – Sumbawa besar – Kempo – Labuhan Kenanga (kendaraan darat). Labuhan Kenanga – Pulau Satonda (speedboat/perahu nelayan).

Musim Kunjungan Terbaik

Maret – September

Alamat Pengelola

Balai KSDA Nusa Tenggara Barat

Telp. (0370) 633953

website : www.mount_tambora.com

[teks & foto | ©PJLKKHL | 24032014 | triwin]