Depan » Berita » Dirjen Ksdae Membuka Jambore Nasional Konservasi Alam 2016

Dirjen KSDAE Membuka Jambore Nasional Konservasi Alam 2016

09 Agu 2016 | EmailKirim Teman

Tepat pukul 08.00 WITA, upacara pembukaan Jambore Nasional Konservasi Alam 2016 dimulai. Upacara ini berlangsung di pantai Karang Sewu, Cekik,Gilimanuk, Taman Nasional Bali Barat. Upacara dihadiri oleh peserta sebanyak 303 orang terdiri dari pendamping Kader Konservasi dan Kelompok Pecinta Alam, Kader Konservasi, Kelompok Pecinta Alam, Kelompok Swadaya Masyarakat, dan Kelompok profesi, Pramuka Saka Wanabakti, Pramuka Saka Kalpataru. Juga hadir masyarakat pelaku jasa wisata alam, masyarakat pemanfaat air, dan penggiat konservasi. Tamu undangan yang hadir pada kesempatan tersebut antara lain Kepala Balai Taman Nasional/Balai Konservasi Sumber Daya Alam seluruh Indonesia, Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Bali, Dinas Pariwisata Prop bali,  Polair Gilimanuk, Bupati buleleng, Bupati Jembrana.

Jambore Nasional Konservasi Alam Nasional merupakan bagian dari peringatan HKAN 2016. Peringatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan generasi muda atas pentingnya melakukan upaya-upaya konservasi alam. 

Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Dr. Tahrir Fathoni memimpin upacara pembukaan sekaligus membuka Jambore Nasional Konservasi Alam 2016. Dalam sambutannya, Dirjen KSDAE menyampaikan bahwa penyelenggaraan peringatan HKAN 2016 di Taman Nasional Bali Barat merupakan kesepakatan para Kepala Balai TN dan KSDA pada saat pelaksanaan peringatan HKAN 2015 di TN Ujung Kulon. Ia menegaskan agar semua pihak baik unsur pemerintah maupun masyarakat bersama-sama mewujudkan keberhasilan pembangunan konservasi alam di Indonesia, sesuai kapasitas masing-masing. Kepada para peserta jambore, Dirjen KSDAE berpesan agar dengan pengetahuan dan pengalaman sebagai penggerak konservasi, generasi muda ini dapat menjadi duta-duta konservasi di daerahnya.

Usai memberikan sambutan, Dirjen KSDAE membuka acara dengan memukul gong, dan selanjutnya menyampaikan tropi dan hadiah kepada para pemenang lomba menggambar dan mewarnai tingkat SD yang diselenggarakan oleh Balai Taman Nasional Bali Barat.

Upacara pembukaan ditutup dengan acara pentas seni yang dibawakan oleh peserta Jambore dari Bali.

[teks & foto | @PJLHK | 09082016 | triwin]