Depan » Berita » IJ-REDD (Phase 2) » Introduction Ij-redd+ Project 2nd Phase

Introduction IJ-REDD+ Project 2nd Phase

18 Mei 2017 | EmailKirim Teman

Proyek IJ-REDD+ merupakan proyek kerjasama antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan JICA (Japan International Cooperation Agency), untuk mengembangkan mekanisme implementasi REDD+. Proyek yang dimulai pada Juni 2013 dalam perjalanannya diubah (supersede) periode pelaksanaannya; yang semula Juni 2016 hingga Juni 2016 (3 tahun) menjadi Juni 2016 -  Juni 2018 (5 tahun). Penyesuaian periode tersebut sebagai tindak lanjut dari salah satu rekomendasi dalam “Joint Mid-Term Review Report” tertanggal 5 Maret 2015.

Penyesuaian periode Proyek IJ-REDD+, dalam pembahasannya juga diikuti dengan penyesuaian PDM (Project Design Matrix) sebagaimana lampiran Record of Discussion (ROD) tertanggal 13 Juni 2016, yaitu ditambahkannya Output 4: “Termobilisasinya kegiatan pengurangan emisi di Kalimantan Barat melalu ipengendalian kebakaran hutan dan lahan”. Pada prinsipnya Output 4 tersebut menitikberatkan pada kegiatan mendukung penguatan kelembagaan serta upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan di tingkat kabupaten.

Penyesuaian periode Proyek IJ-REDD+ pada prinsipnya hanya sedikit memperbaiki Output 1, Output 2, Output 3, serta Output 5, yaitu menjadi: Output 1) Dikembangkannya kerangka REDD+ di Provinsi Kalimantan Barat; Output 2) Dikembangkannya model REDD+ untuk TN. Gunung Palung serta lansekapnya; Output 3) Ditingkatkannya kapasitas monitoring karbon tingkat provinsi di Kalimantan Tengah; serta Output 5) Temuan proyek dirujuk dalam proses pengembangan implementasi mekanisme REDD+ tingkat nasional.

Laporan singkat tentang proyek ini, dapat dibuka pada link ini.

[teks | ©PJLHK |180517 |f ]