Depan » Artikel » Lima Peserta Terbaik Dari Pelatihan Penulisan Jurnalistik

Lima Peserta Terbaik Dari Pelatihan Penulisan Jurnalistik

04 Mei 2011 | EmailKirim Teman

Fotografi TerbaikSelasa, 26 April 2011, peserta Pelatihan Penulisan Jurnalistik mendapatkan materi tentang teknik penulisan jurnalistik, mulai dari teknik menulis deskriptif, menulis dengan kreatif, menulis opini dan esai dan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta pemakaian beberapa elemen penulisan yang bagus. Disamping itu, peserta juga memperoleh materi tentang teknik dasar fotografi. Peserta terlihat sangat antusias mengikuti sesi demi sesi pelatihan, hal ini terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang ditujukan kepada pengajar/ fasilitator, bahkan sesuai pembelajaran terlihat beberapa peserta masih asik berdiskusi dengan pengajar/ fasilitator. Untuk mengasah kemampuan para peserta,  disela-sela penyampaian materi, para peserta mendapatkan tugas untuk mempraktikan teknik penulisan dalam bentuk tulisan deskriptif, tulisan kreatif juga tulisan opini/esai. Selanjutnya, sesi hunting fotografi diberikan kepada para peserta agar mereka dapat mempraktikkan ilmu fotografi yang sudah mereka peroleh. Praktik fotografi dilakukan di Taman Wisata Matahari, Cilember, Bogor, pada hari Rabu, 27 Desember 2011 sejak pagi hingga siang hari. Tema praktik fotografi adalah “Berwisata di Taman Wisata Matahari”, dan para peserta bebas berkreasi untuk menuangkan tema tersebut sesuai obyek-obyek yang tersedia di lokasi, baik obyek manusia; beragaram permainan seperti arung jeram, flying fox, sepeda air; ternak; landscape, dan lain sebagainya. Selain itu, para peserta juga mendapat tugas untu membuat tulisan berupa liputan wawancara  dengan pengunjung, pedagang, petugas kebersihan, dan lainnya.

Seusai praktik lapangan, para peserta kembali ke Cico Resort dan mengikuti sesi evaluasi. Sesi ini dimaksudkan untuk menganalisa dan menilai hasil tulisan dan fotografi yang sudah dikerjakan oleh para peserta. Dalam sesi ini, para pengajar memberikan penghargaan kepada  peserta berdasarkan hasil penilaian atas beberapa kategori yaitu teknik penulisan, fotografi dan motivasi. Para peserta yang mendapat penghargaan diantaranya adalah  Putu Dian Budhami (BTN. Gn.Merapi), Mulyadi (   BBTN. Teluk Cendrawasih), Sutadi (BTN. Baluran), Andi Subhan (BTN. Wakatobi), Endang Tatang (BTN. Kepulauan Seribu, Sukatmoko (BTN. Way Kambas), Ridho Akbar AEM (BTN. Siberut), Susi Sumaryati (BTN. Karimunjawa), Dwi Putro Notonegoro (BTN. Manupeu Tanah Daru, dll. Berdasarkan hasil peniaian tim pengajar, dari 30 (tiga puluh) orang peserta, terpilih 5 (lima) orang peserta sebagai peserta terbaik yaitu Putu Dian Budhami (BTN. Gn. Merapi), Dwi Putro Notonegoro (BTN. Manupeu Tanah Daru), Mulyadi (BBTN. Teluk Cendrawasih), Ridho Akbar EAM (BTN. Siberut), dan Sukatmoko (BTN. Way Kambas).

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan sejak tanggal 25 April 2011, pada malam hari tanggal 27 April 2011, para peserta mengikuti acara penutupan Pelatihan. Pada acara ini, ke lima peserta terbaik mendapat penghargaan dari panitia, yang disampaikan oleh tim pengajar. Kesan mendalam disampaikan oleh tim pengajar atas keakraban dan kebersamaan yang terjalin diantara para peserta walaupun berasal dari Unit Kerja yang berbeda, yang tersebar mulai dari Pulau Sumatera sampai Pulau Papua.  Tim Pengajar juga sangat terkesan atas semangat dan motivasi peserta dalam menyimak dan mempraktikkan materi-materi yang diberikan, terbukti dengan banyaknya kemajuan yang ditunjukkan oleh peserta.   Selanjutnya, Tim Pengajar berpesan agar para peserta terus belajar dan mengasah kemampuannya dalam bidang jurnalistik, dan untuk tidak segan-segan bertanya kepada Tim Pengajar. Tim Pengajar juga berpesan agar para peserta tidak ragu-ragu untuk mengirimkan tulisan/liputan mereka kepada media. Dalam acara penutupan ini, Ketua Panitia Pelatihan, Ir. Agus Haryanta, M.Sc. (Kepala Sub Direktorat Promosi dan Pemasaran Konservasi Alam), menyampaikan agar para peserta memberitahukan kepada Direktorat PJLK2HL apabila ada tulisan mereka yang dimuat pada media nasional maupuan internasional, untuk selanjutnya diberikan appresiasi dari Direktorat. Disamping itu, beliau juga menyarankan agar para peserta membuat wadah komunikasi agar komunikasi diantara peserta terus terjalin sehingga proses pembelajaran diantara para peserta terus terbangun. Selanjutnya, pemberian sertifikat kepada perwakilan peserta disampaikan oleh Direktur PJLK2HL yang diwakili oleh Ir. Puspa Dewi Liman, M.Sc. (Kepala Sub Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan). Beliau berpesan agar para peserta giat membaca buku untuk memperluas cara pandang dan meningkatkan pengetahuan dan wawasan mereka. Dengan pengetahuan dan wawasan yang luas, tulisan yang dibuat akan lebih baik, menarik dan informatif. Para peserta juga menyampaikan kesan mereka terhadap pelatihan ini. Mereka sangat bergembira karena dapat bertemu dengan peserta yang berasal dari berbagai daerah, dan merasa beruntung karena mendapatkan ilmu dari Tim Pengajar yang sangat profesional di bidangnya. Mereka juga berharap dapat mengikuti pelatihan-pelatihan lanjutan di masa mendatang.

Selamat kepada seluruh peserta yang telah mengikuti Pelatihan Penulisan Jurnalis, jangan pernah merasa puas dengan karyamu dan jangan pernah bosan untuk terus berkarya.

[ teks & gambar © Dit PJLK2HL | TriWin ]