Depan » Berita » Pembukaan Jambore Nasional Konservasi Alam Hkan 2017

Pembukaan Jambore Nasional Konservasi Alam HKAN 2017

09 Agu 2017 | EmailKirim Teman


Pagi ini, Rabu 9 Agustus 2017, pukul 09.00 dilakukan upacara Jambore Nasional Konservasi Alam 2017 di lokasi peringatan Taman Nasional Baluran. Upacara dipimpin oleh Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Ir. Wiratno, M.Sc. Pada upacara ini, Dirjen KSDAE secara resmi membuka Jambore Nasional Konservasi Alam 2017. Jambore Konservasi Alam kali ini merupakan yang ke-3, di mana pertama kali dilaksanakan pada peringatan HKAN  2015 di Taman Nasional Gunung Ujung Kulon, dan selanjutnya di Taman Nasional Bali Barat 2016.

Acara pembukaan diikuti oleh seluruh peserta jambore, Kepala Balai UPT Ditjen KSDAE, para tamu undangan antara lain pejabat eselon I dan II lingkup Kementerian LHK, Pemda Kabupaten Situbondo dan Banyuwangi, “Bumi diciptakan Tuhan selama 600 Milyar tahun dan beberapa ribu tahun kemudian manusia baru diciptakan. Artinya, manusia adalah tamu di bumi. Sebagai tamu, maka manusia harus memiliki etika dan sopan santun, manusia harus menjaga, melestarikan serta hidup berdampingan dengan semua makhluk Tuhan,” ungkap Wiratno dalam sambutannya. “Saya minta kekompakan generasi muda dalam mengelola bumi ini. Kawasan konservasi seluas 27,5 juta hektar atau 30% dari luas hutan di Indonesia dengan 5605 desa di sekitarnya harus dikelola dengan baik. Kita tidak dapat mengelola sendirian. Kita memerlukan kerjasama dengan masyarakat setempat, tokoh adat, tokoh agama,”imbuhnya.

Usai menyampaikan sambutannya, Direktur Jenderal KSDAE menyematkan tanda peserta kepada perwakilan peserta laki-laki, Zainal Arifin (Balai Taman Nasional Wasur) dan Mike (Trash Bag Community). Selanjutnya, Dirjen KSDAE menyerahkan Sertifikat BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) bidang Ekowisata kepada perwakilan Pemandu Wisata Alam TWA Kawah Ijen, BBKSDA Jawa Timur dan Balai Taman Nasional Alas Purwo serta menandatangani Deklarasi Konservasi Alam.

Berikut tautan sambutan Dirjen KSDAE

Salam Konservasi, Huuuu Haaaaaa!

[teks&foto] ©PJLHK | 09102017 |PJPUB]