Depan » Perijinan

Perijinan

EmailKirim Teman

Saat ini, Kementerian Kehutanan-Direktorat PJLKKHL memberikan kesempatan bagi para investor dan pihak terkait untuk dapat memanfaatkan untuk melindungi dan melestarikan kawasan konservasi melalui perijinan sebagai berikut:

  1. Ijin Pengusahaan Pariwisata Alam (IPPA) adalah izin usaha yang diberikan untuk mengusahakan kegiatan pariwisata alam di areal suaka margasatwa, taman nasional, taman hutan raya dan taman wisata alam. Sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Pemerintah No.36/2010 dan Peraturan Menteri Kehutanan No.48/Menhut-II/2010 tentang Pengusahaan Pariwisata Alam di Suaka Margasatwa, Taman Nasional, Taman Hutan Raya dan Taman Wisata Alam, serta Peraturan Menteri Kehutanan No.4/Menhhut-II/2012 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Kehutanan Nomor 48/Menhut-II/2010 tentang Pengusahaan Pariwisata Alam di Suaka Margasatwa, Taman Nasional, Taman Hutan Raya dan Taman Wisata Alam.
  2. Pemanfaatan Air dan Energi Air di Suaka Margasatwa, Taman Nasional, Taman Hutan Raya dan Taman Wisata Alam, Permenhut tentang perijinan tersebut telah dirumuskan dan sedang dalam tahap finalisasi. Permenhut (draft) ini sendiri lahir sebagai perwujudan dari amanat dalam PP 28 tahun 2011 tentang Pengelolaan KSA dan KPA.