Depan » Berita » Rangkaian Kegiatan Peringatan Hkan 2017 Hari Pertama

Rangkaian Kegiatan Peringatan HKAN 2017 Hari Pertama

08 Agu 2017 | EmailKirim Teman

Hari ini, Selasa 8 Agustus 2017, peserta Jambore Nasional HKAN 2017 telah berkumpul di Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur. Peringatan HKAN 2017 dihadiri peserta lebih dari 400 orang yang berasal dari seluruh Indonesia, sebagai perwakilan dari Balai Besar Taman Nasional/Balai Taman Nasional dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam/Balai KSDA.

Acara hari ini diawali dengan lomba menggambar yang diikuti oleh siswa/siswi SD dari desa-desa penyangga Taman Nasional Baluran, sebanyak 60 peserta, dengan pemenang sebagai berikut :

  1. Juara I, Andiyanto, SDN I Sumber Waru
  2. Juara II, Uswatun Hasanah, SDN I Wongsorejo
  3. Juara III, Nabila Bela Safira SDN 5 Bajulmati
  4. Juara Harapan I, Ahmad Helmi Alfaris, SDN I Sumber Waru
  5. Juara Harapan II, Riyanti Dwi Ismiyanti, SDN 2 Bajulmati
  6. Juara Harapan III, Mieke Dwi Citra Aprilia, SDN 5 Bajulmati

Lomba mewarnai ini merupakan ajang untuk mengenalkan kawasan konservasi sejak dini kepada generasi muda. Pada kesempatan ini, Sekretaris Direktur Jenderal KSDAE berkenan menyerahkan hadiah kepada juara I pemenang lomba.

Acara dilanjutkan dengan pembukaan Pameran Konservasi oleh Is Mugiono selaku Ketua Pelaksana HKAN 2017. Selain peserta Jambore Nasional, hadir pada ini Kepala Dinas Pariwisata Situbondo dan beberapa Kepala Balai Taman Nasional/Balai KSDA yang sudah berada di lokasi HKAN.

“Pameran ini merupakan media untuk menyebarluaskan informasi, promosi serta edukasi tentang pengelolaan kawasan konservasi, yang didasarkan pada tiga prinsip pengelolaan yaitu pengawetan, perlindungan dan pemanfaatan. Jadi foto-foto yang ada pada stand pameran, bukan hanya sebagai foto bagus, tapi lebih untuk menggambarkan pengelolaan,” ungkap Is Mugiono saat menyampaikan sambutannya.

Usai menggunting pita sebagai simbol peresmian Pameran Konservasi, Sekretaris Direktur Jenderal KSDAE, Herry Subagiadi dan Ketua Pelaksana HKAN 2017, Is Mugiono, berkeliling mengunjungi stand pameran. Pameran Konservasi HKAN 2017 yang berlangsung pada tanggal 8 – 11 Agustus 2017, terdiri dari 40 stand pameran yang diisi oleh Direktorat PJLHK, 24 UPT Ditjen KSDAE, Perum Perhutani KPH BWI, BPDASHL Brantas, Pemda Situbondo, Desa Wonorejo, Dishutbun Jawa Timur, FK3I dan IPKINDO (Ikatan Penyuluh Kehutanan Indonesia perwakilan Jawa Timur, Disperindakap Situbondo, Dipasbudpora Situbondo serta mitra konservasi yaitu TFCA dan ADB.  

Pameran Konservasi ini menampilkan best practice pelaksanaan prinsip pengelolaan kawasan konservasi yang dilakukan oleh peserta pameran. Sehingga, masyarakat luas memperoleh pengetahuan tentang pengelolaan kawasan konservasi.

Pada sore hari, acara dilanjutkan dengan talkshow Peran Serta Masyarakat Dalam KSDAE dengan pembicara; Ir. Herry Subagiadi, M.Sc. (Sekditjen KSDAE), Pandji Yudistira (Penggiat Konservasi), Marta Admaja (Penerima Apresiasi IUPJWA terbaik Lomba  Wana Lestari Tahun 2016 dari TN Gn. Ciremai.

Rangkaian acara hari pertama ditutup dengan Sarasehan dan Sharing Informasi dan Pengalaman, Permasalahan, Kendala dan Solusi sesama peserta Jamnas dan Diskusi Deklarasi Aksi Nyata Konservasi Alam Peserta Jamnas.

[teks&gambar | ©PJLHK | 08082017 | pjpub]